Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli Lengkap

Morfologi merupakan salah satu cabang ilmu linguistik yang memfokuskan kajiannya tentang seluk beluk kata dan pembentukannya. Istilah morfologi ini telah banyak dibahas oleh pakar bahasa. Berikut ini akan saya bagikan beberapa pengertian morfologi menurut para ahli lengkap. 

Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli


Bloomfield (1961)
Morfologi adalah konstruksi kata dan bagian kata.

Matthews (1974)
Morfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk kata.

Nida (1974)
Morfologi adalah suatu kajian tentang morfem-morfem dan penyusunan morfem dalam rangka pembentukan kata.

Crystal (1980)
Morfologi adalah cabang tata bahasa yang menelaah struktur dan bentuki kata, utamanya melalui penggunaan morfem. Morfologi pada umumnya dibagi ke dalam dua bidang, yaitu telaah infleksi (inflectional morphology) dan telaah pembentukan kata (lexical or derivational morphology).

Uhlenbeck (1982)
Morfologi adalah ilmu yang mempelajari korelasi sistematis bentuk dan makna yang ada dalam kata-kata pada sebuah bahasa.

Bauer (1983)
Morfologi adalah cabang ilmu bahasa yang membahas tentang struktur internal bentuk kata. Dalam morfologi, analis membagi bentuk kata ke dalam formatif komponennya (yang kebanyakan merupakan morf yang berwujud akar kata atau afiks), dan berusaha untuk menjelaskan kemunculan setiap formatif. 

Prof. Drs. M. Ramlan (1987)
Morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau yang mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan bentuk-bentuk kata terhadap golongan dan arti kata, atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.

Samsuri (1988)
Morfologi sebagai cabang linguistik yang mempelajari struktur dan bentuk-bentuk kata.

O'Grady dan Dobrovolsky (1989)
Morfologi adalah komponen tata bahasa generatif transformasional (TGT) yang membicarakan tentang struktur internal kata, khususnya kata kompleks. 

Rusmadji (1993)
Morfologi adalah cabang ilmu bahasa yang mencakup kata, bagian-bagiannya, dan prosesnya. 

Aronoff dan Fudemen (2003)
Linguistics morphology refers to the mental system involved in word formation or to the branch of linguistics that deals with words, their internal structure, and how they are formed.

Verhaar (2004)
Morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasikan satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Satuan gramatikal yang dimaksud adalah morfem dan kata. 

Geert Booij (2010)
Morfologi adalah kajian atau studi tentang struktur internal kata-kata dan tentang korespondensi bentuk-arti sistematis antarkata.

Martin Haspelmath dan Andrea D. Sims (2010)
Morphology is the study of the internal structure of words. 
The initial definition of morphology, as the study of the internal structure of words, needs some qualification, because words have the internal structure in two very different senses. 
Definition 1: Morphology is the study of systematic covariation in the form and meanings of words. 
Definition 2: Morphology is the study of the combination of morphemes to yield words. 

Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M. Pd. (2010)
Morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau mempelajari seluk beluk struktur kata serta pengaruh perubahan-perubahan struktur kata terhadap kelas kata dan arti kata.

Prof. Dr. H. D. Edi Subroto (2012) 
Morfologi adalah cabang linguistik yang mengkaji soal seluk-beluk kata dalam sebuah bahasa bagaimana struktur internal kata dan bagaimana kata-kata itu dibentuk. 

George Yule (2015)
Morfologi adalah studi tentang bentuk yang bertujuan untuk melakukan investigasi semua unsur dasar yang digunakan dalam suatu bahasa.